Puluhan Timbangan Pedagang Pasar Brangkal Tak Layak Pakai

Senin, 17 April 2017 23:47:50
Reporter : Misti P.
Puluhan Timbangan Pedagang Pasar Brangkal Tak Layak Pakai

Mojokerto (beritajatim.com) - Puluhan timbangan milik pedagang Pasar Brangkal, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto tak layak pakai dan takaran tak seimbang. Temuan tersebut setelah petugas Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Mojokerto melakukan pengecekan timbangan di Balai Desa Kedung Maling.

Petugas tera (penera), Unit Pelaksana Teknis Metrologi, Disperindag Kabupaten Mojokerto, Retno permadewi mengatakan, sidak kali ini petugas memeriksa puluhan timbangan milik pedagang Pasar Brangkal dan sekitarnya. "Mulai dari jenis timbangan sentisimal, elektronik, timbangan meja dan timbangan gantung," ungkapnya, Senin (17/4/2017).

Masih kata Retno, tujuannya untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang bisa merugikan konsumen. Dalam sidak kali ini, petugas menemukan puluhan timbangan yang tak layak pakai dan takarannya tak seimbang. Sehingga petugas langsung melakukan tera ulang dan reparasi pada setiap komponen timbangan.

"Kebanyakan penyebab utama adalah faktor usia dan juga pemberat timbangan yang mengalami penumpukan kotoran sehingga takarannya tak seimbang. Tera ulang timbangan seperti ini, rencananya akan dilakukan secara bergiliran di setiap pasar yang ada di Kabupaten Mojokerto. Tera ulang timbangan dilakukan satu tahun sekali," katanya. [tin/suf]

Tag : pasar tradisional

Berita Terkait

Kanal Ekonomi