Permintaan Turun, Harga Telur Ayam Ras Anjlok

Selasa, 19 Januari 2016 14:38:30
Reporter : Temmy P.
Permintaan Turun, Harga Telur Ayam Ras Anjlok

Sumenep (beritajatim.com) - Sejak satu pekan terakhir, harga telur ayam ras di tingkat peternak di Kabupaten Sumenep, mulai mengalami penurunan.

"Saat ini harga telur ayam ras per butir Rp 1.250. Kalau pekan-pekan sebelumnya, bisa mencapai Rp 1.400 per butir," kata salah satu peternak telur ayam ras, Alfadi, warga Desa Gadding, Kecamatan Manding, Sumenep, Selasa (19/01/16).

Ia menduga, turunnya harga telur ayam ras tersebut karena jumlah permintaan mulai berkurang, sedangkan produksi mulai normal kembali karena cuaca sudah mulai membaik. Dari 200 ekor ayam, yang mampu memproduksi telur mencapai 160 ekor.

"Berbeda dengan awal penghujan kemarin. Ayam petelur yang bisa menghasilkan telur hanya sekitar 50 persen. Otomatis saat ini stok telur di tingkat peternak itu melimpah. Sementara permintaan menurun. Otomatis hukum pasar berlaku. Harga mulai anjlok," ucapnya.

Ia mengeluhkan tidak sebandingnya hasil yang diperoleh dari penjualan telur, dengan biaya perawatan ayam-ayam petelur, karena tingginya harga pakan ayam.

"Harga pakan ayam seperti jagung dan dedak tetap mahal. Untuk harga jagung sekitar Rp 5-6 ribu per kilogram, dan dedak kisarannya Rp 2.500-Rp3.000 per kg. Jadi masih tidak sebanding antara modal yang dikeluarkan dengan hasil yang didapatkan," keluhnya. (tem/kun)

Tag : telur

Berita Terkait

Kanal Ekonomi