Melalui PKBM Wana Bhakti

Masyarakat Sekitar JTB Diharapkan Dapat Pendidikan Layak

Sabtu, 22 Desember 2018 02:17:41
Reporter : Tulus Adarrma
Masyarakat Sekitar JTB Diharapkan Dapat Pendidikan Layak

Bojonegoro (beritajatim.com) – Tak jarang berbagai upaya dilakukan untuk mendapat pendidikan yang layak. Namun, pendidikan tak selalu harus diraih melalui instansi formal seperti sekolah. Masyarakat yang merasa ingin memperdalam ilmu masing-masing dan punya keinginan besar untuk maju dapat berpartisipasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

PKBM merupakan kegiatan yang dibentuk atas prakarsa masyarakat dan peruntukannya untuk masyarakat pula. PKBM inilah yang mempelopori adanya kegiatan Kejar Paket A hingga C setingkat SD hingga SMA, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kelompok Belajar Usaha (KBU), Pemberdayaan Perempuan, Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan lain sebagainya.

Operator Lapangan Gas Unitisasi Jambaran – Tiung Biru (JTB), PT Pertamina EP Cepu melihat bahwa kondisi masyarakat sekitar operasinya yang memiliki semangat untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya ini perlu mendapat apresiasi. Salah satunya dalam bentuk bantuan komputer dan kelengkapannya kepada PKBM Wana Bhakti, Desa Ngasem/Kecamatan Ngasem.

Bantuan tersebut terdiri dari 18 unit laptop, 2 unit server, 2 unit layar monitor, UPS dan perlengkapannya. \"Alhamdulillah, PEPC dapat berpartisipasi menjadi bagian dari masyarakat membantu meningkatkan kapasitas masyarakat Bojonegoro khususnya di sekitar wilayah operasi,\" ujar JTB Site Office & PGA Manager, Kunadi, Jumat (21/12/2018).

Kunadi berharap, bantuan yang diberikan PEPC tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Tak lupa, Kunadi memohon doa kepada masyarakat agar proyek JTB berjalan lancar, sesuai target dan tanpa fatality.

\"Mohon nantinya perangkat ini dijaga keamanannya dan dipelihara dengan baik sehingga dapat berfungsi optimal,\" pintanya.

Ketua PKBM Wana Bhakti sekaligus merupakan Kepala Desa Ngasem, Suwondo mengatakan, nantinya laptop tersebut akan dipakai untuk sarana menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) setiap siswa PKBM.

\"Kami sangat berterima kasih sekali kepada PEPC karena membantu kami, semoga ujian berjalan lancar, dan tentunya kedepan setiap siswa lebih semangat lagi dalam belajar,\" ungkapnya.

PKBM Wana Bhakti sendiri merupakan PKBM yang mempunyai siswa kurang lebih 200 orang, dengan jenjang yang berbeda-beda. Mereka berasal dari sekitar Kecamatan Ngasem, Kalitidu dan beberapa kecamatan di sekitarnya. [lus/suf]

Tag : pertamina ep

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas