Pertamina EP Asset 4 Poleng Field Garap Potensi Telaga Desa Doudo

Minggu, 16 Desember 2018 21:53:00
Reporter : Renni Susilawati
Pertamina EP Asset 4 Poleng Field Garap Potensi Telaga Desa Doudo

Gresik (beritajatim.com) - Menjelang penghujung Tahun 2018, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field menggelar pembukaan program budidaya perikanan dan wisata telaga di Desa Doudo, Gresik.

Kegiatan ini menjadi momentum untuk menghidupkan kembali potensi alam Desa Doudo yang selama ini belum dimanfaatkan. Telaga Desa Doudo dahulunya merupakan satu-satunya sumber air yang dimanfaatkan warga Desa untuk berbagai keperluan.

Kondisi air yang terkadang surut seringkali menyulitkan warga dan membuat Doudo dikenal sebagai desa yang kering dan gersang. Namun, sejak ditemukannya mata air dan dilakukan pengeboran sumur, warga Doudo mulai merasakan kemudahan dalam mengakses air bersih.

Field Poleng turut membantu program pengelolaan air bersih yang dikelola di bawah Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) Qurnia. Akses air bersih yang baik dan menyeluruh ternyata meninggalkan telaga desa menjadi tapak sejarah yang belum kembali dimanfaatkan.

Melihat potensi tersebut, Field Poleng bersama Pemerintah Desa melaksanakan program Budidaya Perikanan dai Wisata Telaga sebagai program CSR yang diharapkan mampu memberikan tambahan pendapatan untuk warga dan desa.

Sebagai simbol dimulainya program tersebut, dilaksanakan penandatangan prasasti oleh Asset 4 General Manager, Agus Amperianto, dan Kepala Desa Doudo, Asti Sufana, di depan telaga desa. Diiringi irama marching band, masyarakat antusias menyaksikan proses penandatanganan yang turut disaksikan oleh Poleng Field Manager, Andri Haribowo, beserta jajaran manajemen Field Poleng dan Asset 4 Legal & Relation Manager, M. Ibnu Wardhana.

Dari aspek kinerja sosial, Field Poleng meraih penghargaan Nusantara CSR Award 2018 kategori pemberdayaan ekonomi komunitas, Peringkat Silver pada Indonesia Sustainable Development Award 2018 kategori kesetaraan gender (SDGs 5), dan dua penghargaan Indonesia Green Awards 2018 masing-masing di bidang pengelolaan sampah dan air bersih.

Selain itu, Desa Doudo juga berhasil menorehkan prestasi di tingkat daerah dan nasional diantaranya Penganugerahan Kampung Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Peringkat 1 Lomba Bersih dan Sehat tingkat Provinsi dan Peringkat 2 pada ajang yang sama di tingkat nasional.

Poleng Field Manager, Andri Haribowo, menyampaikan syukur atas prestasi yang telah dicapai selama Tahun 2018.

“Keluarga Besar Field Poleng sangat bersyukur atas prestasi-prestasi yang telah dicapai tidak hanya di lingkungan perusahaan tetapi juga capaian bersama masyarakat. Semoga kerjasama dan kinerja yang baik ini dapat terus ditingkatkan demi kemajuan kita bersama,\" ungkapnya.

Sutomo, kader lingkungan sekaligus penggagas program budidaya perikanan dan wisata telaga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan. “Saya tidak menyangka, apa yang dicita-citakan dapat terwujud tahun ini”, pungkasnya. [rea/but]

Tag : pertamina

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas