Pertamina EP Poleng Field Raih Gold Rating

Kamis, 13 Desember 2018 23:38:03
Reporter : Renni Susilawati
Pertamina EP Poleng Field Raih Gold Rating

Surabaya (beritajatim.com) – PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field kembali menerima penghargaan terkait kinerja operasional dan sosial yang telah dilaksanakan. Kali ini, laporan keberlanjutan (Sustainability Report) Field Poleng Tahun 2017 berhasil meraih Gold Rating pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2018.

Poleng Legal & Relation Assistant Manager, Muhammad Fajri, hadir mewakili Poleng Field Manager untuk menerima penghargaan yang digelar di Hotel Novotel Lampung pada Sabtu (8/12/2018).

Asia Sustainability Reporting Rating (ASR Rating) 2018 merupakan ajang penghargaan laporan keberlanjutan yang disusun oleh organisasi/perusahaan tidak hanya di Indonesia, melainkan juga beberapa negara lainnya di Asia. Jumlah peserta yang mengikuti penilaian ASR Rating 2018 ini terdiri dari 56 organisasi; 38 diantaranya dari Indonesia, lima dari Malaysia, lima dari Singapura, enam dari Filipina, dan dua dari Bangladesh.

Di Tahun 2018, National Center for Sustainability Reporting (NCSR) menyelenggarakan ASR Rating untuk menggantikan Sustainability Reporting Awards (SRA) yang telah digelar sejak 2005. ASR Rating terdiri dari empat peringkat; Platinum, Gold, Silver dan Bronze. Metodologi yang digunakan untuk menilai Sustainability Report dalam ajang ini yakni sejauh mana penerapan Global Reporting Index (GRI) atau Pedoman G4 diaplikasikan dalam laporan berkelanjutan yang terdaftar.

Secara keseluruhan, asesor terdiri dari 80 spesialis di bidang laporan berkelanjutan dari berbagai perguruan tinggi terkemuka. Panel juri diketuai oleh Prof. Eko Ganis Sukoharsono Ph.D., CSRA dari Universitas Brawijaya Malang dan beranggotakan lima orang panel, yaitu; Dr. Chaerul D Djakman, Ak., CA., CSRA (Universitas Indonesia), Dr. Erwin Saraswati, Ak,.CA, CSRA (Universitas Brawijaya Malang), Dr. Veronica Saptarini, MH,. CSRA (Universitas Bandar Lampung), Prof. Hasan Fauzi, Ak. Ph.D, CSRA (Universitas Sebelas Maret Solo), dan Yanti Tri ( Indonesian Business Link).

Pada momen yang sama, NCSR sekaligus menyelenggarakan The 3rd Sustainability Practitioner Conference (SPC) di Hotel Novotel Lampung (8/12/2018). Ajang Asia Sustainability Reporting Rating selanjutnya akan digelar pada Tahun 2019 di Pulau Dewata, Bali.

Fajri menjelaskan bahwa penghargaan tersebut memacu semangat Poleng Field untuk terus meningkatkan kinerja lingkungan. \"Alhamdulillah atas apresiasi yang telah diterima, semoga ke depannya kami dapat lebih berkontribusi terhadap masyarakat lokal\", pungkasnya. [rea/suf]

Tag : pertamina

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas