Dinas Perdagangan Imbau SPBU Layani Premium Sesuai Stok

Selasa, 25 September 2018 20:44:45
Reporter : Tulus Adarrma
Dinas Perdagangan Imbau SPBU Layani Premium Sesuai Stok

Bojonegoro (beritajatim.com) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, mengimbau kepada pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk melayani pembeli premium atau BBM bersubsidi sesuai stok yang ada, Selasa (25/9/2018).

Hal itu sesuai tugas dan wewenangnya dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap SPBU yang ada di Bojonegoro. "Agar ketersediaan premium harus terlayani sesuai dengan stok yang ada," tegas Plt Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro, Agus Haryana.

Sekarang ini, dari total 22 Stasiun Pembelian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Bojonegoro, hanya ada 2 yang tidak lagi menyediakan bahan bakar jenis Premium. "Dua SPBU itu, ada di Desa Balen, Kecamatan Balen, dan Jalan veteran, Kecamatan Bojonegoro," ungkapnya.

Menurutnya, penjualan premium tidak seharusnya disembunyikan oleh pihak SPBU seperti yang dikeluhkan warga beberapa waktu lalu, sehingga berpotensi terjadi penyelewengan. "Biasanya itu, dilakukan oleh oknum pegawai," imbuh pria berkacamata minus ini.

Namun, setelah adanya aduan dari warga, Dinas Perdagangan langsung melakukan koordinasi dengan pemilik SPBU dan juga Pertamina MOR V Surabaya, agar apa yang dikeluhkan masyarakat tidak terjadi.

"Kalau memang habis, ya sampaikan saja stoknya habis. Tapi kalau masih ada stok harus tetap melayani pembeli," tegas mantan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, agar menggunakan bahan bakar minyak sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya saja ada kelompok tani yang membutuhkan solar untuk kegiatan pertanian, wajib meminta surat rekomendasi dari Dinas Pertanian.

"Kalau ada rekomendasi, kebutuhannya jelas untuk apa," pungkas mantan Kepala Bagian Ketahanan Pangan ini. [lus/but]

Tag : bbm

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas