Stok LPG 3 Kg di Kabupaten Mojokerto Aman

Rabu, 29 Agustus 2018 21:18:52
Reporter : Misti P.
Stok LPG 3 Kg di Kabupaten Mojokerto Aman

Mojokerto (beritajatim.com) - Untuk memastikan stok tabung gas LPG ukuran 3 kilogram aman, Kapolres Mojokerto mendatangi ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE). Sidak digelar di SPBE Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Kapolres Mojokerto, AKBP Leonardus Simarmata mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan hanya untuk mengecek stok LPG ukuran 3 kilogram di wilayah Kabupaten Mojokerto. "Kebetulan tempatnya di Pungging, masuk wilayah kita," ungkapnya, Rabu (29/8/2018).

Hasilnya, masih kata Kapolres, tidak ditemukan kelangkaan stok di SPBE Sekargadung. Di SPBE Sekargadung cukup karena disiapkan 50 ton per hari, namun efektif terisi hanya tiap hari 40 ton. Ada sper 10 ton sehingga tidak ada masalah.

"Kita hanya tinggal mengecek kembali ke agen karena pola distribusinya di agen, karena disini hanya refil saja. Setelah itu diserahkan ke agen, mekanisme ini yang akan kita telusuri mulai hulu ke hilir. Kalau di Kabupaten Mojokerto, stok masih normal," katanya.

LPG, lanjut Kapolres, merupakan barang penting sehingga harus dijaga dan tidak boleh hilang di pasaran. "Tinggal pengawasan di tingkat agen. Ini barang penting sesuai Perpres 71 Tahun 2015, ini menjangkau masyarakat kelas bawah. Dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, bukan industri dan lainnya. Jika digunakan untuk industri maka menyalahi aturan sesuai UU Migas ancaman 5 tahun," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SPBE Sekargadung, Faradian mengatakan, jika di SPBE hanya mengisi saja. "Semua alokasi, jadwal sudah ditentukan Pertamina. Kita tidak bisa mengubah itu, jadi sesuai yang dijadwalkan Pertamina. Itu yang kita jalankan," ujarnya.

Menurutnya selama ada alokasi maka SPBE akan menjalankan. Di SPBE Sekargadung sendiri standar 40 ton per hari.

"Untuk agennya beda-beda, tergantung dari keputusan Pertamina karena Pertamina yang memutuskan. Untuk disini hanya melayani tujuh agen saja tiap harinya," tegasnya. [tin/but]

Tag : elpiji

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas