Mahasiswa STEM AKAMIGAS Kunjungi PC Ketapang II Ltd. Lapangan Bukit Tua-Onshore Receiving Facility

Rabu, 04 Juli 2018 14:18:30
Reporter : Renni Susilawati
Mahasiswa STEM AKAMIGAS Kunjungi PC Ketapang II Ltd. Lapangan Bukit Tua-Onshore Receiving Facility

Gresik (beritajatim.com) - Mahasiswa STEM AKAMIGAS Cepu melakukan kunjungan lapangan ke PC Ketapang II Ltd. Lapangan Bukit Tua - Onshore Receiving Facility (ORF) yang berada di kawasan industri Maspion Gresik, Selasa (3/7/2018).

Dalam kunjungan ini, 31 mahasiswa peserta mempelajari  proses aliran gas yang bersumber dari Lapangan Bukit Tua yang terletak 110 km dr pantai Gresik, atau 22 mil (offshore) dari garis pantai Sampang Utara, Madura hingga ke ORF yang ada di Gresik.

"Engineering proses di ORF ini cukup simple dan tidak terlalu rumit dibanding dengan Lapangan Migas lain di daerah Jatim, namun tetap saja pressure  atau tekanan gas harus tetap diperhatikan guna menunjang kelancaran produksi," ungkap Senior Manager Corporate Affairs & Administration PETRONAS Carigali Indonesia Operation Andiono Setiawan dalam presentasinya.

Mendapat penjelasan seperti itu para mahasiswa yang tergabung dalam Society of Petroleum Engineers (SPE) justru antusias mengajukan pertanyaan yang kritis dalam kerangka keteknisan maupun yang nonteknis.

Mereka ingin mengetahui bagaimana PETRONAS menjaga tekanan agar transfer gas dari lapangan sejauh 110 KM. Mahasiswa juga menanyakan problem-problem yang sering muncul dari kegiatan operasi hingga bagaimana PETRONAS menjaga keandalan pipanya yang ada di tengah laut.

Diskusi menjadi lebih gayeng ketika para mahasiswa yang didampingi engineer PETRONAS seperti ORF Superintendent Rafael Wanta, Lead Operation Redhata Gama Ardhian Rangkuti dan Ignatius Agusta mengikuti plant visit.

Mulai dari incoming pipe inlet dari laut sampai dengan metering gas proses kepada pihak pembeli yang dalam hal ini adalah Petrogas Jatim Utama (PJU) selaku transporter untuk dilanjutkan ke PT Pembangkit Jawa Bali (PJB).

Antusiasme para mahasiswa ini membuat puas dan bangga Senior Manager Corporate Affairs & Administrarion PETRONAS Carigali Indonesia Operation Andiono Setiawan. "Meski baru tahun ke dua dan ketiga, namun pemahaman adik-adik mahasiswa ini sangat bagus. Mereka menjadi modal penting bagi masa depan industri migas di Indonesia," jelas Andiono.

Menurut Andiono kegiatan ini merupakan rangkaian dari program kampanye komunikasi Petronas untuk dapat memberikan manfaat langsung kepada pelajar Indonesia lewat knowledge sharing.

"Apalagi mereka memang calon penerus bangsa untuk industri migas ini di masa depan. Dengan begitu, kita berharap mereka dapat merasakan, melihat dan memahami langsung proses produksi migas dari Lapangan Bukit Tua. Dari kunjungan lapangan ini para mahasiswa juga bisa belajar bagaimana faktor HSSE (Health, Safety, Security, Environtment) menjadi roh perusahaan migas," tandasnya.[rea/kun]

Tag : skk migas, migas

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas