Giliran PEPC Berikan Kelas Mengajar di SMK 5 Bojonegoro

Rabu, 18 April 2018 01:47:01
Reporter : Tulus Adarrma
Giliran PEPC Berikan Kelas Mengajar di SMK 5 Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) - Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro, Jurusan Teknik Pemboran Minyak dan Gas (TPMG) mendapatkan pembelajaran tentang minyak dan gas bumi (Migas).

Pembelajaran tersebut juga merupakan bentuk inovasi dan membangun jaringan sekolah migas bersama semua Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) yang memiliki hak melakukan kegiatan eksplorasi, eksploitasi minyak dan gas bumi di Indonesia khususnya di wilayah Bojonegoro.

Setelah beberapa waktu lalu SMKN 5 melaksanakan Ujian Kompetensi Keahliahan (UKK) yang bekerjasama dengan Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ), hari ini, Selasa (17/4/2018) SMKN 5 bekerja sama salah satu K3S yang melaksanakan Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB), Pertamina EP Cepu (PEPC).

PEPC hadir di SMKN 5 Bojonegoro dalam rangka melaksanakan kegiatan "PEPC Mengajar". Kegiatan ini sebagai bentuk konstribusi kepedulian PEPC di dunia pendidikan, khususnya di SMKN 5.

Kepala SMKN 5 Bojonegoro, Suyono, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada PEPC yang sudah meluangkan waktu untuk hadir. Suyono sangat berharap kerja sama dengan PEPC ini bisa berjalan terus dengan baik.

"Saya sangat berharap kerjasama ini bisa berjalan terus, khususnya sharing ilmu kepada anak-anak ini dan tempat pemagangan yang sangat kami butuhkan," ucap Suyono saat membuka acara.

Sementara itu, usai acara PEPC Mengajar, Public Government Affair (PGA) & Relation Manager PT. Pertamina EP Cepu, Kunadi, menyampaikan bahwa sangat senang mempunyai kesempatan bisa berbagi ilmu dengan para pelajar di SMKN 5 Bojonegoro.

"Terimakasih kita sudah diberi kesempatan untuk mengajar anak-anak SMKN 5 Bojonegoro," papar Kunadi.

Kunadi juga menjelaskan tentang tata nilai yang dianut oleh PEPC. Tata nilai tersebut biasa disingkat dengan 6C, Clean, Competitive, Confident, Custumer Focused, Commersial, dan Capable. Kunadi berharap dari nilai-nilai yang ada dalam tata nilai yang dianut oleh PEPC bisa menginspirasi  anak didik di SMKN 5.

"Kalau ini diterapkan oleh siswa, nantinya akan menjadi siswa yang berkelakuan dan berpribadi yang baik, mampu berfikir ke masa depan dan mampu mengikuti kompetisi di dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) dengan baik serta mampu meningkatkan kemampuannya. Saya kira ini sangat bagus bagi anak-anak, dan semoga nanti mereka berhasil," jelas Kunadi.

Kunadi juga menambahkan bahwa kegiatan PEPC Mengajar ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Corporate Sosial Responcibility (CSR) dalam bidang pendidikan. "Kalau memang dari SMKN 5 memandang bahwa kegiatan ini penting untuk pengembangan dan kemajuan sekolah, maka kita akan berkoodinasi dengan internal PEPC dan SKK Migas khususnya SKK Jabanusa untuk berkontribusi dalam pengembangan apa yang kira-kira memungkinkan untuk dilakukan," pungkas Kunadi.

Di dalam kegiatan PEPC Mengajar tersebut, tim dari PEPC berbagi banyak ilmu diantaranya adalah Materi tentang Industri Hulu Migas, Pertamina dan Visi, Misi, dan Tata Nilai Pertamina EP Cepu. Terhitung sejumlah 75 orang siswa dan guru SMKN 5 mengikuti dengan penuh semangat kegiatan yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB tersebut. [lus/suf]

Tag : pertamina ep

Berita Terkait

Kanal Berita Migas