Dukung Kompetensi Wartawan, Pertamina Adakan Pelatihan di 3 Kota

Minggu, 25 Maret 2018 18:03:37
Reporter : Ribut Wijoto
Dukung Kompetensi Wartawan, Pertamina Adakan Pelatihan di 3 Kota

Jakarta (beritajatim.com) - Keindahan foto tak hanya berdasarkan faktor teknologi kamera yang digunakan. Untuk memperoleh foto yang berkualitas, fotografer harus berani mengambil gambar tanpa perlu terlalu fokus pada pengaturan teknologi alat yang digunakan.

"Foto yang bagus itu belum tentu indah. Foto indah belum tentu bagus. Fotografer dituntut untuk mengambil gambar, jangan malas dan terlalu fokus untuk setting auto atau manual," jelas Fotografer Senior Harian Kompas Arbain Rambey.

Arbain menjadi salah satu pembicara pada acara Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online, di Magelang, Sabtu 24 Maret 2018, kemarin.

Pelatihan yang terselenggara untuk wartawan ini merupakan program PT Pertamina (Persero) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, guna meningkatkan kompetensi pewarta Indonesia untuk menghadirkan pemberitaan dan foto yang berkualitas.

Kepada sekitar 35 insan pers dari area Jawa Tengah dan Jogjakarta, Rambey menularkan pengetahuannya mengenai teknik foto jurnalistik, mulai teori hingga praktik tentang jurnalisme foto.

Selain Rambey, pendiri Kompasiana dan Founder PepNews.com Pepih Nugraha melengkapi pelatihan dengan serangkaian teori dan praktek jurnalisme online. "Bagi media online, pemilihan judul penting untuk memancing rasa penasaran," ujar Pepih.

Pelatihan ini diadakan di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Pertamina di Wringin Putih, Magelang. Diharapkan dengan lokasi kreatif ini, selain memperoleh ilmu para wartawan juga dapat terinspirasi dan memperoleh energi berkreasi yang telah dihasilkan para mitra binaan CSR Pertamina.

Acara dibuka dengan sambutan dari Hendry CH Bangun selaku Sekretaris Jenderal PWI Pusat. Dilanjutkan dengan sambutan Agus Mashud selaku VP CSR & SMEPP Pertamina. Hadir pula dalam acara tersebut Ketua PWI Jawa Tengah Amir Mahmud, Ketua PWI Kabupaten Mangelang Johannes Subagio, serta Ketua PWI kota Magelang Adi Daya Perdana.

“Pers telah menjadi  mitra strategis kami. Kami sangat mendukung kegiatan pelatihan semacam ini sebagai wadah pengembangan kreatifitas para wartawan, sehingga dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bertanggungjawab dan sesuai perkembangan masa kini," terang Agus Mashud.

Tak hanya di Magelang, pelatihan serupa juga akan diadakan di 2 kota lainnya yakni Rumah Kreatif Binaan (RKB) Pertamina di  Klungkung (Bali) dan Riau.

Rangkaian kegiatan pelatihan tersebut adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani perseroan dan PWI pada Hari Pers Nasional lalu. Selain itu, juga perwujudan sinergi antara Kementerian BUMN dengan PWI. [but]

Tag : pertamina

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas