Kaleidoskop Tahun 2017

JOB PPEJ Peduli Lingkungan

Sabtu, 30 Desember 2017 17:21:37
Reporter : Tulus Adarrma
JOB PPEJ Peduli Lingkungan

Tuban (beritajatim.com) - Di tahun 2017 produksi minyak dan gas bumi (migas) di lapangan Mudi dan Sukowati Blok Tuban yang dioperatori JOB Pertamina-PetroChina East Java (JOB PPEJ) rata-rata pada tingkat produksi sebesar 10.499 BOPD.

Setelah melalui tahap ekslorasi sejak tahun 1988, sumur migas yang ada di lapangan tersebut sudah 20 tahun memproduksi minyak yang ikut memperkuat ketersediaan energi nasional dan  penyumbang pendapatan negara. Selain melakukan kegiatan produksi, operator yang mengelola Blok Tuban, JOB PPEJ juga konsen memberikan program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar wilayah produksi.

Sehingga sebagai operator minyak dan gas bumi (migas) lapangan Blok Tuban, JOB PPEJ tidak hanya melakukan kegiatan eksploitasi migas di wilayah operasinya. Namun, juga memberikan beberapa program pendukung kegiatan operasi kepada masyarakat sekitar.

Program pendukung operasi tersebut dilakukan agar terjalin hubungan baik antara masyarakat sekitar dengan pihak operator. Program penunjang operasi konsen terhadap empat bidang. Yakni, bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan bidang lingkungan.

Beberapa program pendukung operasi maupun Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan kepada masyarakat sekitar operasi di antaranya:

Bidang Lingkungan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan mencegah terjadinya abrasi serta penyelamatan ekosistem pesisir pantai di Tuban, JOB PPEJ melaksanakan penanaman mangrove di kawasan Pantai Mangrove Center Tuban, Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Sebanyak 5.000 pohon ditanam  di sekitar pantai.

Kegiatan tersebut sudah berjalan rutin selama dua tahun terakhir. Selain melakukan penanaman, operator migas ini memiliki komitmen dalam perawatan. Kerja sama penanaman mangrove antara JOB PPEJ dengan Mangrove Center Tuban diharapkan bisa menjaga keseimbangan ekosistem abrasi pantai setengah hektar dan kelak bisa menjadi pengembangan ekonomi.

Pengembangan Embung Menjadi Destinasi Wisata

Selain untuk meningkatkan hasil panen petani, embung yang dibangun pemerintah desa yang bekerjasama dengan JOB PPEJ, ke depan akan dikembangkan menjadi kawasan wisata. Pembangunan embung di Desa Bulurejo itu awalnya hanya untuk meningkatkan derajat hidup petani. Jika selama ini petani hanya panen dua kali dalam setahun, ke depan diharapkan bisa panen hingga tiga kali.

Setelah swasembada pangan lebih meningkat, pembangunan embung yang menggunakan dana CSR JOB PPEJ itu ke depan juga akan digunakan sebagai kawasan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan embung sebagai wahana wisata. Pengembangan kawasan wisata yang masuk dalam program CSR tahun 2017 itu nantinya rencananya akan dikelola Karang Taruna sebagai pengembangan bidang usaha.

Selain di Desa Bulurejo, operator Blok Tuban juga mengembangkan kawasan Tanah Kas Desa (TKD) Soko, Dusun Rambit sebagai kolam taman asoka. Di taman yang mengelilingi embung itu, rencananya selain untuk membantu irigasi pertanian, juga untuk taman hiburan masyarakat. Saat ini pengerjaan embung di Dusun Rambit, Kecamatan Soko tersebut masih dalam proses pengerjaan.

Pengembangan Ekonomi Kreatif

Warga di sekitar wilayah operasi JOB PPEJ juga dilatih agar bisa meningkatkan ekonomi secara mandiri. Oleh operator Blok Tuban, masyarakat dilatih untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki. Salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan perkebunan produktif.

Selain diberikan bantuan awal, berupa bibit tanaman buah, seperti jambu merah, mangga, apel, dan sawo, dari hasil perkebunan tersebut diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat secara mandiri.

Program pemanfaatan pekarangan menjadi kebun produktif tersebut dilakukan di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Tuban. Desa tersebut diharapkan menjadi desa percontohan untuk pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di desa lain. Dari hasil panen masyarakat itu, JOB PPEJ juga menyediakan ruang pamer bagi masyarakat.

Ruang pamer atau pusat oleh-oleh tersebut nantinya diharapkan menjadi wadah semua hasil produk unggulan lokal yang akan dikelola BUMDesa. Program tersebut merupakan sinkronisasi antara pihak operator dengan Pemkab Tuban.

JOB P-PEJ juga memberikan fasilitas tempat pelatihan dan pengembangan usaha bagi Karang Taruna (BLK) yang memanfaatkan bekas gedung SDN Rahayu. Bangunan yang letaknya berada di sebelah PAD A, Blok Tuban itu menjadi ruang pelatihan yang bisa dimanfaatkan sebagai pusat belajar bagi masyarakat.

Di sisi lain, Lamidin (65), warga Desa Kebon Agung, Kecamatan Rengel,  Tuban tidak lagi bingung membuang kotoran hewan ternaknya. Oleh JOB PPEJ dia diberikan peralatan yang bisa mengolah kotoran ternak menjadi biogas dan pupuk. Kotoran sapi yang ia miliki kini tidak pernah dibuang. Namun kotoran sapi itu dikumpulkan dan dimanfaatkan sebagai kebutuhan masak dan pupuk pertanian.

“Dari kotoran dua sapi itu biogas yang dihasilkan sehari bisa digunakan masak kurang lebih selama 30 menit,” ujar Lamidin.

Selain di Tuban, program CSR juga diberikan di tiga desa yang ada di Bojonegoro: Desa Campurejo, Sambiroto, dan Ngampel.

JOB PPEJ juga memberikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang memadai untuk proses belajar-mengajar di sekolah lebih terjamin. Sehingga dalam bidang pendidikan, JOB PPEJ memberikan bantuan berupa gedung MI di Dusun Plosolanang, Desa Campurejo.

Di Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, sarana pendidikan adalah berupa bantuan pembangunan gedung TK. Program pendidikan itu juga diberikan di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, fasilitas untuk TK dan SD, mainan indoor di PAUD/TK, pengadaan loker anak dan pengadaan alat drum band untuk anak SD dan TK.

Untuk program penunjang operasi yang diberikan operator JOB PPEJ juga bersinergi dengan Pemkab  yang memiliki program  menjadikan wong Bojonegoro sehat, produktif dan bahagia.

Salah satunya di bidang kesehatan yang dilakukan di Desa Sambiroto, penambahan jaringan air bersih, penambahan makanan tambahan bagi balita dan lansia, pengadaan alat kesehatan dan fogging. Pengadaan di bidang kesehatan itu juga beberapa di antaranya dilakukan di Desa Campurejo dan Ngampel.

Intinya selama 20 tahun berproduksi. JOB PPEJ tak  hanya memperkuat ketahanan energi nasional dan menjadi salah satu sumber pendapatan negara, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi pada lingkungan, termasuk dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. [lus/but]

Tag : job ppej

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas