Kerja Bakti, EMCL Bersih-bersih Pantai dan Tanam Pohon

Sabtu, 11 Nopember 2017 22:34:59
Reporter : M Muthohar
Kerja Bakti, EMCL Bersih-bersih Pantai dan Tanam Pohon
Kegiatan tanam mangrove yang dilakukan EMCL di Pantai Palang, Tuban. [Foto: muthohar/bj.com]

Tuban (beritajatim.com)--Puluhan karyawan operator minyak dan gas bumi (Migas) ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama dengan warga masyarakat, anggota TNI dan juga Polri melakukan kerja bakti bersih-bersih kawasan pantai Mangrove Center, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/11/2017).

Selain melakukan bersih-bersih sampah di kawasan pantai, EMCL bekerja sama dengan Yayasan Mangrove Center Tuban juga melakukan tanam pohon di kawasan pesisir pantai utara Tuban itu. Sedikitnya 10 ribu bibit tanaman bakau akan menghijaukan kawasan pesisir pantai, terutama di wilayah Kecamatan Palang.

Pantauan beritajatim.com, kegiatan bersih-bersih pantai tersebut dilakukan oleh EMCL bersama dengan warga dan nelayan kawasan Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Tuban. Puluhan karyawan dan juga warga yang berasal dari Kecamatan Jenu dan Palang, Tuban sama-sama membersihkan sampah yang ada di pantai.

"Pada kerja bakti kali ini, kami melibatkan lebih dari 50 karyawan ExxonMobil baik yang bekerja di Lapangan Banyu Urip Bojonegoro dan FSO Gagak Rimang untuk berbaur dengan lebih dari 100 anggota masyarakat dan pejabat pemerintahan di Tuban," terang, Erwin Maryoto, Vice President EMCL.

Dalam kesempatan kegiatan bersih-bersih pantai dan tanam pohon itu, Erwin menjelaskan, ExxonMobil sudah beberapa kali melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat.

Adapun untuk penanaman pohon bakau di pesisir pantai yang bekerja sama dengan Mangrove Center Tuban kali ini merupakan kegiatan pertama kali dilakukan. "Total ada 23,532 jam kerja bakti dengan melibatkan 3,418 karyawan ExxonMobil. Semoga ke depan kegiatan seperti ini terus bisa berlanjut dan bisa memberikan manfaat," tambahnya.

Sementara itu, dari sebanyak 10 ribu bibit yang ditanam untuk melakukan penghijauan di kawasan pantai itu, terdiri dari 8.000 bibit pohon mangrove dan 2.000 bibit cemara laut. Yang mana pohon itu akan di fokuskan di Kecamatan Palang, Tuban yang masih terbilang gersang.

"Penanaman ini kita lakukan di Palang, sesuai permintaan dari Pak Bupati, karena ini merupakan jalur masuk Kota Tuban yang masih gersang. Dengan penanaman ini untuk bisa menciptakan pesisir pantai yang hijau," terang Ali Mansur, pengelola Yayasan Mangrove Center Tuban.

Untuk wilayah Tuban sendiri memiliki kawasan pantai dengan panjang sekitar 65 kilometer. Namun sejuah ini baru sekitar 21 kilometer saja kawasan pantai yang sudah tersentuh dan telah dihijaukan dan terbanyak di wilayah Kecamatan Jenu dan Kecamatan Tambakboyo.

"Bukan karena masyarakat Palang tidak peduli lingkungan, tetapi karena sifat alam (Palang) yang berbeda dengan kecamatan lain yang sudah banyak pohon mangrove. Penanaman ini tidak hanya berdasarkan jumlah itu saja, tapi kami akan menfasilitasi bibit tanaman yang dibutuhkan masyarakat Palang," tegas Ali Mansur.[mut/air]

Tag : emcl

Berita Terkait

Kanal Berita Migas