Wujudkan Destana

Warga Sekitar JOB P-PEJ Dilatih Padamkan Kebakaran

Kamis, 26 Oktober 2017 23:17:25
Reporter : M Muthohar
Warga Sekitar JOB P-PEJ Dilatih Padamkan Kebakaran

Tuban (beritajatim.com) - Setelah dua desa dikukuhkan sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban yang bekerja sama dengan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) terus memberikan dukungan, Kamis (26/10/2017).

Sebagai tindak lanjut atas terbentuknya Destana di Desa Rahayu, Kecamatan Soko dan Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, puluhan warga yang masuk dalam kepengurusan Destana mendapatkan pelatihan tentang penanggulangan bencana. Pelatihan yang diikuti oleh pihak JOB PP-PEJ dan juga tim BPBD Tuban itu  berlangsung selama dua hari.

Kegiatan pelatihan itu dilakukan di Hotel Willis, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Para peserta dilatih secara teknis pemadaman kebakaran dan juga tentang teori untuk penanganan kebakaran dengan mendatangkan tiga orang pelatih dari Kementerian Dalam Negeri (Kemenagri).

"Pelaksanaan dua hari untuk pelatihan ini. Untuk kemarin materi teori dan sekarang fokus pada praktik untuk pemadaman kebakaran," terang Joko Ludiono, Kepala BPBD Tuban.

Joko Ludiono menjelaskan, pelaksanaan pelatihan itu bertujuan untuk peningkatan kapasitas warga dalam penanggulangan bencana kegagalan teknologi industri. Yang mana untuk rangkaian kegiatan yang dilakukan BPBD bersama JOB P-PEJ itu ditutup oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

"Pesertanya total ada 100 personil, dari warga dua desa itu dan juga dari pihak JOB P-PEJ dan juga dari tim reaksi cepat BPBD. Kegiatan ini juga guna mendukung dengan keberadaan Desa Tangguh Bencana kegagalan teknologi industri," sambungnya.

Puluhan warga yang merupakan masuk dalam struktur Destana itu tampak sangat antusias untuk mengikuti pelatihan tersebut dengan berbagai macam materi tentang tanggap bencana. Sehingga diharapkan mereka akan tahu serta mengerti harus bertindak seperti apa saat terjadinya bencana.

"Kegiatan pelatihan ini sudah merupakan kerja sama ke empat antara BPBD dengan JOB P-PPEJ. Harapannya, dengan sudah sering kita melakukan pelatihan-pelatihan ini masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dengan adanya industri," ungkap Joko Ludiono.

Sementara itu, setelah melakukan latihan-latihan memadamkan api, peserta kemudian diajak untuk studi banding di Klaten, Jawa Tengah. Mereka berkunjung ke Desa Kemlaten, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Yakni desa yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional sebagai Desa Tangguh Bencana. [mut/suf]

Tag : job ppej

Berita Terkait

Kanal Berita Migas