Antisipasi Bencana Industri, JOB PPEJ Tingkatkan Kompetensi Satgas PKDB

Selasa, 10 Oktober 2017 21:55:39
Reporter : Tulus Adarrma
Antisipasi Bencana Industri, JOB PPEJ Tingkatkan Kompetensi Satgas PKDB

Bojonegoro (beritajatim.com) - Sejumlah instansi dan masyarakat sekitar wilayah pengeboran minyak dan gas bumi (migas) Blok Sukowati, mendapat pelatihan kompetensi untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana industri.

Perwakilan dari masyarakat sekitar Blok Sukowati dan instansi terkait seperti Kodim 0813, Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI) dan perwakilan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), tersebut membentuk Tim Penanggulangan Keadaan Darurat dan Bahaya (PKDB).

"Kegiatan ini merupakan bentuk peningkatan kompetensi Tim PKDB agar jika terjadi bencana industri mereka sudah bisa jalan sesuai tugas masing-masing," ujar Field Admin Superintendent (FAS) JOB PPEJ, Akbar Pradima, Selasa (10/10/2017).

Dalam kegaitan tersebut tim PKDB mendapat pelatihan seperti gladi posko, jalur komunikasi dan peran serta penjelasan tentang fungsi setiap bagian. Agar lebih memahami tugas masing-masing TIM PKDB tersebut dilatih dengan melakukan simulasi kebocoran gas H2S. Mereka kemudian ditugaskan untuk menangani kasus tersebut. "Emergency respon jika terjadi bencana industri lebih cepat," ungkapnya.

Sekadar diketahui, TIM PKDB sebelumnya sudah mendapat pembekalan secara pengetahuan penanganan jika terjadi bencana industri sesuai tugasnya. Dari warga, perwakilan berasal dari tiga desa sekitar lapangan migas Blok Sukowati, yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ), yakni Desa Ngampel dan Sambiroto, Kecamatan Kapas dan Desa Campuejo, Kecamatan Bojonegoro. [lus/but]

Tag : job ppej

Berita Terkait

Kanal Berita Migas