Potensi Sumberdaya Lokal Sekitar Blok Sukowati Terus Dikembangkan

Jum'at, 06 Oktober 2017 21:08:51
Reporter : Tulus Adarrma
Potensi Sumberdaya Lokal Sekitar Blok Sukowati Terus Dikembangkan

Bojonegoro (beritajatim.com) - Meskipun kontrak kerja pertambangan Wilayah Blok Sukowati yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina Petrochina Esat Java (JOB PPEJ) akan segera berakhir namun sejumlah upaya pengembangan terhadap masyarakat sekitar operasi terus dilakukan.

Salah satunya, pelatihan terhadap masyarakat perwakilan dari delapan desa sekitar wilayah operasi di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.

Dari delapan desa itu memiliki potensi sumberdaya lokal  berbeda-beda yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pelatihan ini diharapkan memberi manfaat kepada masyarakat," kata Kepala UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Bojonegoro, Bambang A Yuwono, Jumat (6/10/2017).

Selain itu, lanjut dia, pelatihan yang dibuka di gedung UPT Pengembangan Industri Kreatif, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Pemkab Bojonegoro itu diharapkan menjadi media untuk mensinkronkan program CSR dari operator JOB PPEJ juga Pemkab Bojonegoro. "Program yang diberikan nanti agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Pemkab Bojonegoro, Agus Supriyanto mengatakan, hasil produk industri kreatif dari masyarakat tersebut nantinya bisa dipamerkan di gedung yang sudah dibangun oleh Pemkab Bojonegoro di Jalan Veteran.

"Tempat ini akan dijadikan sebagai showroom untuk memamerkan hasil produk industri di Bojonegoro," jelasnya.

Acara yang bertema Pembinaan dan Keterampilan Masyarakat Berbasis Potensi Sumber Daya Lokal Bagi Warga Sekitar Wilayah Operasi JOB PPEJ tersebut, kata Agus merupakan spirit pihak perusahaan untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di sekitar lokasi pengeboran.

"Meski kontrak kerjanya akan segera selesai, tetapi JOB PPEJ masih tetap ingin mengembangkan Masyarakat sekitar operasi," katanya.

Sementara itu, Field Admin Superintendent (FAS) JOB PPEJ, Akbar Pradima mengatakan, saat ini daerah di sekitar wilayah operasi Blok Sukowati sudah ada beberapa yang mulai mengembangkan potensi sumber daya alamnya. 

Sehingga pihak operator akan memberi dukungan pengembangan teknis maupun pelatihan sumber daya manusianya.

Di wilayah operasi yang ada di Kabupaten Tuban misalnya, kata dia, warga desa Bulurejo mulai menggunakan lahan pekarangan rumah yang luas untuk sarana menanam tanaman buah. Sedangkan di Bojonegoro, Warga Campurejo mengembangkan bidang peternakan kelompok masyarakat.

"Basis pemanfaatan sumber daya lokal sebenarnya kuat. Dan target pembangunan yang dilakukan JOB PPEJ sekarang adalah jangka panjang," terangnya.

Sekadar diketahui, pelatihan untuk pengembangan masyarakat yang berbasis penguatan potensi sumber daya lokal itu akan dilakukan mulai tanggal 11 hingga 29 Oktober 2017.

Pelatihan akan diikuti dari perwakilan delapan desa yang berada di sekitar wilayah pengeboran seperti Desa Rahayu, Kebun Agung, Bulurejo, Sawahan dan Sukosari, Kabupaten Tuban.

Sedangkan dari Kabupaten Bojonegoro yakni Desa Ngampel, Sambiroto dan Campurejo. Mereka akan mengikuti pelatihan berbagai bidang usaha dan industri kreatif di Balai Latihan Kerja (BLK) Bojonegoro. (lus/ted)

Tag : job ppej

Berita Terkait

Kanal Berita Migas