SKK Migas Berikan Kuliah Umum di Pesantren Tebuireng

Rabu, 27 September 2017 15:31:51
Reporter : Yusuf Wibisono
SKK Migas Berikan Kuliah Umum di Pesantren Tebuireng

Jombang (beritajatim.com) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggelar kuliah umum di Aula KH Yusuf Hasyim, PP (Pondok Pesantren) Tebuireng Jombang, Rabu (27/9/2017).

Ratusan peserta hadir dalam kuliah umum itu. Mereka adalah mahasiswa dan dosen Unhasy (Universitas Hasyim Asy'ari), serta santri Tebuireng. Hadir pula pengasuh PP Tebuireng KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Sedangkan salah satu pemateri adalah Kepala Perwakilan SKK Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Masyhar.

Mahasiswa nampak antusias mengikuti kuliah umun itu. Terbukti sejumlah pertanyaan dari mereka mewarnai berjalannya forum. Demikian juga dengan para santri yang hadir dalam acara tersebut. Mereka mengikuti kuliah dari awal hingga akhir.

Ali Masyhar mengatakan, secara umum, migas merupakan salah satu kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, dan Jawa Timur khususnya. Oleh karena itu masyarakat wajib tahu tentang sumber daya alam tersebut.

"Makanya kami menggelar kuliah umum ini. Agar masyarakat mengetahui bagaimana kondisi migas serta seperti apa pengelolaannya. Ini wajib diketahui oleh mahasiswa sebagai generasi muda," ujar Ali Masyhar, usai acara.

Ali menambahkan, berbicara konteks Jawa Timur, tidak bisa dilepaskan dari kultur nahdliyin dan santri. Karena itu juga, santri sudah selayaknya mengetahui kekayaan sumber daya alam di daerahnya.

"Nah, soal santri, pesantren Tebuireng adalah ikon di Jawa Timur. Makanya dalam kuliah umum tadi kita menghadirkam pemateri yang kompeten di bidangnya. Utamanya tentang pengelolaan migas dan aturan-aturannya," katanya.

Pengasuh PP Tebuireng KH Salahuddin Wahid berpandangan, kuliah umum tentang migas sangat penting bagi santri dan mahasiswa. Karena selama ini mereka masih buta tentang kondisi migas di Indonesia. Pasalnya, materi tersebut tidak diberikan di bangku kuliah.

"Dengan adanya materi itu, mahasiswa lebih bisa menyiapkan diri dalam menghadapi persaingan. Jadi, kuliah umum soal migas tersebut sangat bagus bagi mahasiswa dan santri," pungkas Gus Sholah. [suf/kun]

Tag : skk migas

Berita Terkait

Kanal Berita Migas