Suyoto: Naker Lokal Proyek JTB Harus Jadi Prioritas

Senin, 25 September 2017 17:41:50
Reporter : Tulus Adarrma
Suyoto: Naker Lokal Proyek JTB Harus Jadi Prioritas

Bojonegoro (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro berharap tenaga kerja (naker) lokal menjadi prioritas dalam pengembangan proyek lapangan gas Jambaran - Tiung Biru (JTB).

"Saya menyampaikan keinginan rakyat sekitar, mereka berharap mendapat pekerjaan dari proyek ini, terurama untuk un skill," ujar Bupati Bojonegoro, Suyoto, Senin (25/9/2017).

Kang Yoto -sapaan akrab Suyoto- menjelaskan ada empat esensi penting dimulainya proyek ini adalah  yang pertama proyek JTB ini sebenarnya diharapkan langsung jalan dengan usainya proyek lapangan Banyu Urip. Namun ada kendala sehingga tertunda.
"Keberanian dan terobosan dari Menteri ESDM dan SKK Migas, kemudian proyek ini segera berjalan," katanya.

Selain tenaga unskill, Suyoto juga menjelaskan saat ini warga Bojonegoro juga sudah banyak yang memiliki sertifikat dalam pengerjaan civil skill  seperti welder maupun sopir.

Secara tidak langsung, lanjut Kang Yoto, ekonomi kerakyatan juga akan tumbuh seiring dengan dimulainya proyek JTB.

"Adanya proyek ini akan menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan yang nantinya akan menambah pendapatan dan perekonomian warga sekitar," terangnya.

Setalah adanya pertumbuhan ekonomi kerakyatan, hal lain yang harus menjadi prioritas yakni infrastruktur jalan. Khususnya di daerah sekitar proyek.

Asisten II, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Fatah Yasin, mewakili Gubernur Jawa Timur menjelaskan bahwa Jawa Timur pertumbuhan ekonomi 3 - 4 tahun mendatang akan melambung tinggi utamanya disektor usaha industri.

"Jatim juga penggerak roda ekonomi di Indonesia yang didominasi sektor industri pengolahan," terangnya.

Dijelaskan di Jawa Timur terdapat sumber minyak dan gas di 30 blok dan 17 diantaranya sudah  dieskploitasi. Dikatakan sektor pendukung ekonomi di Jawa Timur adalah 30 persen industri pengolahan, kemudian peringkat kedua adalah sektor perdagangan dan ketiga dari sektor pertanian.

"Tiga sektor ini membutuhkan sektor minyak dan gas bumi untuk menjadi penopang yang kemudian didukung pula dengan peningkatan kualitas sarana infrastruktur," terangnya. [lus/ted]

Tag : jambaran tiung biru bojonegoro

Berita Terkait

Kanal Berita Migas