Perawatan Sumur Gundih Pertamina EP Asset 4 Jamin City Gas Tak Terganggu

Jum'at, 05 Mei 2017 14:19:47
Reporter : Tulus Adarrma
Perawatan Sumur Gundih Pertamina EP Asset 4 Jamin City Gas Tak Terganggu

Blora (beritajatim.com) - Operator Lapangan Minyak dan Gas Bumi (Migas) Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset IV Field Cepu memastikan kegiatan perawatan sumur tidak akan menggangu penyaluran city gas. Penegasan itu sampaikan saat manajemen Pertamina EP Asset 4 menggelar syukuran dengan warga sekitar pengeboran di Central Processing Plant (CPP) Blok Gundih di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Kamis (4/5/2017).

Kegiatan ini dihadiri perwakilan warga yang ada dienam desa sekitar lokasi, yakni dari Desa Sumber, Wado, Pulo, Temulus, Sumberejo, dan Desa Kutukan. Selain mengundang warga, sekar 150 anak yatim piatu, juga muspika dan tokoh masyarakat turut hadir.

Menurut Field Manager Pertamina EP Asset IV Cepu, Agus Amperianto, selain syukuran, acara tersebut juga untuk menjaga hubungan baik dan silaturahim positif dengan masyarakat setempat. "Kita juga memberikan santunan kepada 150 anak yatim yang tinggal di sekitar daerah operasi CPP, serta agenda dan kegiatan pelatihan keamanan & pengamanan bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh General Manager Pertamina Asset IV, Didik Susilo. Dalam kesempatan ini, pihak operator berencana melakukan perawatan CPP Blok Gundih. Rencananya perawatan sumur itu akan dilakukan selama 20 hari dimulai sejak pukul 00.00 WIB, malam ini.

Hal itu dilakukan agar kegiatan pemeliharaan berdasarkan inspeksi resiko (RBI/Risk Base Inspection) untuk kelangsungan operasi CPP dapat terjaga dengan baik. Meskipun demikian pihak opertor tetep komitmen memenuhi jumlah pasok gas 50 MMSCFD kepada Indonesia Power melalui pipa PT. SPP.

"Meskipun sedang dalam keadaan shutdown, pasokan gas untuk kebutuhan masyarakat ini tetap kami jaga kelangsungannya dengan support dr pihak PGN," kata Didik Susilo.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Sumber, Kyai Umar mengatakan, Dia merupakan salah satu penerima manfaat yang merasakan saluran gas rumah tangga. Saluran gas rumah tangga itu sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Blora sebagai program City Gas. Gas yang diproduksi dari Blok Gundih ini disalurkan hingga Semarang untuk kebutuhan rumah tangga maupun digunakan untuk pembangkit listrik tenaga gas (PLTG).

"Selama menggunakan gas ini, memang kebutuhan gas memasak lebih irit. Kami juga mengapresiasi kegiatan ini" ujarnya saat memberi ceramah dalam kegiatan tersebut.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan yang dilakukan di halaman CPP Blok Gundih itu, pihak Pertamina EP Asset IV Field Cepu juga memberikan bingkisan kepada 50 perangkat desa. Selain syukuran bersama dengan masyarakat setempat dan anak yatim piatu, semua perusahaan pendukung seperti PGN, SSP, Titis Sampurna juga turut hadir. [lus/but]

Tag : pertamina ep

Berita Terkait

Kanal Berita Migas