JOB PPEJ akan Tanam Mangrove di Bojonegoro

Rabu, 01 Maret 2017 19:12:07
Reporter : Tulus Adarrma
JOB PPEJ akan Tanam Mangrove di Bojonegoro
Kondisi tanaman mangrove di wilayah lain.

Bojonegoro (beritajatim.com)--Joint Operating Body Pertamina PetroChina East Java (JOB PPEJ), operator minyak dan gas bumi (migas) Lapangan Sukowati, Blok Tuban bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro akan melakukan program penghijauan di wilayah sekitar sungai.

Program penghijauan itu salah satunya penanaman pohon mangrove. Bagian Environmental JOB PPEJ, Muhammad Sahli mengungkapkan, pihaknya akan menyediakan ribuan pohon mangrove yang akan ditanam di sepanjang wilayah sungai khususnya Sungai Bengawan Solo, yang rawan terjadi longsor.

Menurutnya, hasil pemetaan yang dilakukan ada tiga kecamatan yang menjadi prioritas program penanaman mangrove. Seperti di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk; Desa Ringinrejo, Kecamatan Kalitidu; dan Kecamatan Kanor.

"Kita sediakan ribuan bibit mangrove untuk penanaman nanti. Sehingga diharapkan bisa menangkal terjadinya tanah longsor," ujar Sahli usai melakukan rapat koordinasi di kantor BPBD Bojonegoro, Rabu (1/3/2017).

Ada dua jenis bibit tanaman mangrove yang akan ditanam. Jenis mangrove rhizophora dan mangrove avicennia. Program penanaman mangrove ini kali pertama dilakukan di Bojonegoro. "Tapi antusiasme sangat tinggi adanya program penanaman mangrove ini. Dari sebelumnya hanya 1.000 bibit kita tambah menjadi 2.000 bibit mangrove yang akan ditanam," terangnya.

Sementara itu, UP SDA 4 Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, Hidayat, mengatakan, penanaman mangrove di sekitar Sungai Bengawan Solo ini diharapkan tidak malah mempersempit wilayah sungai, atau merusak tanggul.

Sesuai Permen PU dan Perumahan Rakyat Nomor 28 tahun 2015 tentang Garis Sepadan Sungai dan Danau, penanaman pohon harus sepadan dengan bantaran kedalaman 3 sampai 20 meter.

"Sehingga penanaman pohon ini harus kurang lebih berjarak 15 meter dari tebing," jelasnya. [air/lus]

Tag : job ppej

Berita Terkait

Kanal Berita Migas