BBM Ilegal di Bojonegoro

Minyak Mentah Akan Disuling Sendiri Secara Ilegal

Selasa, 05 April 2016 16:33:11
Reporter : Tulus Adarrma
Minyak Mentah Akan Disuling Sendiri Secara Ilegal

Bojonegoro (beritajatim.com) - Hasil penyelidikan yang dilakukan pihak Penyidik Satreskrim Polres Bojonegoro atas penangkapan satu unit truk tangki yang bermuatan minyak mentah ilegal di Jalan Brawijaya, Desa Sumberjo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro diduga akan disuling sendiri.

Menurut Kasubbag Humas Polres Bojonegoro, AKP Suyono, pelaku berinisial MN (29) Warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Malo, Bojonegoro yang juga sopir truk tangki merk Toyota bernomor polisi S 9193 UB yang mengangkut minyak mentah sebanyak 3.000 liter saat ini masih diamankan di Mapolres setempat.

"Pelaku mengambil minyak mentah dari sumur tua di Wonocolo, Kecamatan Kedewan selanjutnya disuling sendiri di Kecamatan Malo. Tapi belum sampai ke penyulingan sudah diamankan petrugas patroli," ujarnya, Selasa (5/4/2016).

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi kemudian menetapkan MN sebagai tersangka. Tersangka terancam Pasal 53 huruf b dan d UU RI No. 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara. 

Sekadar diketahui, penangkapan peredaran BBM ilegal ini dilakukan pihak kepolisian kemarin siang. Selain mengamankan satu unit truk tangki yang mengangkut BBM ilegal, polisi sebelumnya juga mengamankan truk bak terbuka yang mengangkut lima ton solar olahan yang dimuat dalam 3 bull dan 10 drum solar. 

Rencananya solar olahan tersebut akan dibawa ke Malang untuk kebutuhan bahan bakar kendaraan alat berat industri. Dalam kasus itu, pelaku yang terlibat diduga dari oknum  Anggota TNI AL Satuan Lantamal V Surabaya, berinisial ER (35) warga Desa Sonosari, Kecamatan Pakis Saji, Kabupaten Malang.

Polisi selanjutnya menyerahkan kasus hukum yang menjerat satuan TNI AL itu kepada satuannya. ER dalam beroperasi menyuruh Kopka IA untuk mengawal kendaraan yang digunakan mengangkut BBM ilegal tersebut. Diduga solar olahan tersebut diambil dari inisial SB Warga Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro Bojonegoro. "Masih kita kembangkan lagi," pungkas AKP Suyono. [uuk/kun]

Tag : bbm

Berita Terkait

Komentar

Kanal Berita Migas