Pemkab Ponorogo Serahkan Bantuan Perajang Tembakau dan Cultivator

Rabu, 17 Januari 2018 20:36:46
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Pemkab Ponorogo Serahkan Bantuan Perajang Tembakau dan Cultivator

Ponorogo (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo terus mendukung bidang pertanian dan perkebunan. 

Mengawali 2018, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, membantu kelompok tani dengan memberikan sumbangan perajang tembakau dan cultivator.

Dalam tahun anggaran 2017, Iponh memberikan bantuan perajang tembakau sebanyak 50 unit dan 15 unit. Semua diberikan secara cuma-cuma kepada kelompok tani di Ponorogo. Diserahkan secara simbolis, Rabu (17/1/2018).

"Sebenarnya, bantuan tersebut sudah biasa. Dan sudah sering kita lakukan sebelum-sebelumnya," kata Ipong kepada wartawan sesaat setelah memberikan bantuan.

Dia mengatakan, fokusnya saat ini dengan memberikan alat cultivator jelas. Karena alat tersebut menggemburkan tanah. Sehingga, membantu meningkatkan produksi.

"Pun untuk fungsi lainnya, menurunkan harga produksi. Dan petani produksinya juga meningkat. Petani diuntungkan," terang orang nomor satu di Ponorogo ini.

Sementara, untuk perajang tembakau, Ipong mengaku, Ponorogo pernah berjaya 20 tahun lalu dengan tembakau. Ada sekitar 6.000 hektar.

Namun, sekarang tersisa 600 hektar saja. "Dulu hancur karena hama. Dan baru bisa dinormalkan 20 tahun kemudian," katanya

Dengan demikiab, lanjut dia, ada perajang tembakau. Hama sudah bisa pulih dan ada alat bantu merajang tembakau. "Hasilnya bagys, harga jualnya juga tinggi," terangnya.

Tidak hanya itu, Ipong juga memperhatikan nasib para santri di Ponorogo. Buktinya pemkab Ponorogo juga memberikan bantuan kepada Pondok Pesantren.

Yakni mobil pendingin, tujuannya meningkatkan konsumsi ikan di Pondok Pesantren. "2016 lalu yang mendapat Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dan 2017 yang mendapat Pondok Pesantren Modern Gontor," ujarnya.

Pun, juga ada bantuan budidaya lele sistem biflok. Selain itu juga mesin pakan mandiri dua paket.

"Kalau bantuan budidaya lele, selain Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dan Pondok Pesantren Modern Gontor, ada Pondok Pesantren Jonesan mlarak," pungkasnya. [adv/mit]

Tag : pemkab ponorogo

Berita Terkait

Kanal Advetorial