Desa Singkil dengan Sejuta Kelebihan Wakili Ponorogo di Lomba Desa Provinsi

Kamis, 18 Mei 2017 11:24:22
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Desa Singkil dengan Sejuta Kelebihan Wakili Ponorogo di Lomba Desa Provinsi

Ponorogo (beritajatim.com) - Tiga tahun berturut-turut, dalam lomba desa tingkat provinsi, Ponorogo selalu menunjukkan prestasinya. Walaupun tak maksimal, hanya menjadi juara dua.

Namun, tahun ini, Bupati Ponorogo , Ipong Muchlissoni, mempunyai felling kuat, bahwa lomba desa kali ini Ponorogo akan mendapat juara 1 tingkat provinsi Jawa Timur. "Feeling saya dapat juara satu untuk tahun ini," katanya.

Dia menjelaskan, Desa Singkil, Kecamatan Balong yang menjadi perwakilan Kabupaten Ponorogo mempunyai satu juta kelebihan. Dia mengaku, bisa dilihat sendiri jika masyarakat Desa Singkil masyarakatnya guyub dan  tenteram.

Seperti, kentongan yang biasa hanya ada di Siskamling masing-masing RT. Namun, lanjut dia, di Desa Singkil, kentongan ada di setiap rumah.

"Bukan hanya meramaikan. Tapi menandakan guyubnya warga Desa Singkil. Otomatis karena ada kentongan tiap rumah, menurut catatan kepolisian tidak ada kegiatan kriminalitas negatif yang menonjol," terang Ipong.

Selain guyub rukunnya, kedua yang menjadi Desa Singkil patut juara, kekayaan budaya yang ada. Pasalnya, tidak hanya reog saja, tapi juga ada gajah-gajahan dan kegiatan budaya lain.

"Regenerasinya juga ada. Karena setiap ada event Pemkab Ponorogo, misalnya Karawitan maupun Festival Reog Mini, Desa Singkil selalu mengirim perwakilan. Artinya tidak ada lost generasi," tambah Bupati yang baru menjabat ini.

Untuk masalah produsen, Desa Singkil juga tidak mau kalah. Orang nomor satu di Pemkab Ponorogo ini menjelaskan, untuk ekonomi, Desa Singkil menjadi produsen rangginang.

"Rangginangnya beda. Ada tiga macam rangginang. Ada yang warna putih, merah dan terakhir coklat. Wah rasanya enak sekali," ujarnya di depan juri.

Selain itu, lanjut dia, Desa Singkil menjadi produsen busur dan anak panah. Busur dan anak panah itu juga menjadi daya tarik sendiri saat pameran di Tulungagung.

Karena, saat Gubernur Jatim, Pakde Karwo berkunjung, rombongannya membeli busur dan anak panahnya. "Diborong semua. Kami membawa puluhan anak panah dan busur, habis saat itu," katanya.

Dia berharap, dengan jutaan kelebihan itu, Desa Singkil mampu membawa Ponorogo menjadi juara lomba desa di tingkat provinsi. "Ya tahun ini bisa jadi juara satu lah," pungkasnya. (mit/adv)

Tag : pemkab ponorogo

Berita Terkait

Kanal Advetorial